Senin, 19 Desember 2011

FOSS?


Free Open Source Software ( FOSS ) adalah suatu jenis perangkat lunak yang secara sengaja mengijinkan siapapun untuk menggunakan, menyalin, dan bahkan mendistribusikan, baik dimodifikasi ataupun tidak, baik secara gratis ataupun dengan biaya. Perlu ditekankan bahwa kode sumber dari program harus tersedia (source code). Jika tidak ada kode program, berarti bukan perangkat lunak. Perangkat lunak bebas mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja perangkat lunak.
Kebebasan Bagi Para Pengguna Perangkat Lunak bertype FOSS :
  • Kebebasan 1: Kebebasan untuk menjalankan programnya untuk tujuan apa saja.
  • Kebebasan 2: Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat.
  • Kebebasan 3: Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga dapat membantu sesama Anda.
  • Kebebasan 4: Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program dan dapat menyebarkannya ke khalayak umum sehingga semua menikmati keuntungannya. Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat juga.
Suatu program merupakan perangkat lunak bebas, jika setiap pengguna memiliki semua dari kebebasan tersebut. Dengan demikian, Anda seharusnya bebas untuk menyebarluaskan salinan program itu, dengan atau tanpa modifikasi (perubahan), secara gratis ataupun dengan memungut biaya penyebarluasan, kepada siapapun di manapun. Kebebasan untuk melakukan semua hal di atas berarti Anda tidak harus meminta ataupun membayar untuk izin tersebut.
Perangkat lunak bebas bukan berarti “tidak komersial”. Program bebas harus boleh digunakan untuk keperluan komersial. Pengembangan perangkat lunak bebas secara komersial pun tidak merupakan hal yang aneh; dan produknya ialah perangkat lunak bebas yang komersial.
Sumber : Panduan Praktis BlankOn 4

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More